Catatan Awal Tahun 2023: MEMBANGUN HARAPAN INDONESIA



Jakarta, RealNews.id - Dipenghujung tahun 2022, bertepatan pada hari Sabtu, tanggal 31 desember di Gramedia, Grand Indonesia, menjadi pilihan untuk perayaan penjemputan tahun 2023. Café People menjadi andalan saat kita merenungi sebuah cita – cita dan harapan masa depan bangsa Indonesia. 


Indonesia menjadi harapan kita, Indonesia menjadi harapan bangsa dan Indonesia menjadi cita – cita kita Bersama. Kapal besar Bernama Indonesia selalu di hantam ombak kehidupan di ruang – ruang kehidupan, ombak itu Bernama tantangan kehidupan bernegara, mulai dari tantangan sosial (kemiskinan, pengangguran, kebodohan hingga problem ekonomi rumah tangga), tantangan politik (pembajakan demokrasi, oligarkhi dan bangsa kehilangan arah ideologi), tantangan hukum dan HAM yang belum berakhir serta resesi ekonomi mulai tampil atas kehidupan Indonesia yang belum stabil ini.

Konteks inilah membuat Indonesia berada pada pesimisme kehidupan, apakah hal itu membuat Indonesia tak optimis, sehingga harapanpun tak pasti, 2023 adalah jawaban kita untuk Indonesia lebih optimis lagi menuju harapan yang lebih baik, Sebagai bangsa yang besar, bangsa yang bertuan harus punya harapan besar, punya optimisme yang tinggi dan akan menjawab cita – cita bangsa ini menjadi bangsa yang berperadaban.

Kita tak bole kalah dengan bangsa – bangsa kecil di negara tetangga kita, kita tak boleh kalah dengan negara – negara yang berpendudukan kecil di negara – negara ASEAN, kita juga tak boleh kalah dengan negara – negara berkembang di lautan pasifik, dan kita tak boleh kalah dengan bangsa – bangsa besar yang memiliki wilayah besar dan penduduk banyak seperti RRC, Rusia, India dan USA.
Indonesia harus menjadi bangsa yang disegani di mata dunia, sebagaimana Soekarno pernah melahirkan ide non blok yang notabene blok kekuatan bangsa – bangsa timur yang di nakhodai Indonesia. Harapan baru Indonesia 2023, apapun harapanya akan menjadi nyata bila harapan tersebut bukan utopi, tetapi harapan tersebut adalah nyata bagi kehidupan yang membangunya setiap Langkah – Langkah yang konkrit dan berihtiar.

Harapan ialah cita – cita manusia pada setiap jamanya, jaman para leluhur tentu berbeda zaman pada bapak – ibu kita, zaman kita tentu berbeda dengan zaman para generasi milenial dan generasi Z. Disinilah kita menunjukkan bahwa kita adalah manusia yang punya harapan, bangsa yang punya harapan dan negara yang punya harapan hingga kapanpun. Harapan kita tanamkan dalam berbangsa dan bernegara, tanpa ada harapan bukan kita menjadi manusia yang sesungguhnya, tetapi kita hanya bagian dari orang – orang yang pesimistis.

Di era ini tantangan bagi negeri kita adalah bagaimana membangun kesadaran dan harapan baru 2023 lebih fokus, walaupun kesadaran berbangsa dan bernegara sudah selayaknya rakyat dan pemerintah untuk bersama sama memberikan pemahaman bagi kita semua. Rakyat dan Pemerintah harus ikut bertanggung jawab mengemban amanat untuk memberikan kesadaran berbangsa dan bernegara bagi warganya, bila rakyat bangsa Indonesia sudah tidak memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, maka ini merupakan bahaya besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, yang mengakibatkan bangsa ini akan jatuh ke dalam kondisi yang sangat parah bahkan jauh terpuruk dari bangsa-bangsa yang lain yang telah mempersiapkan diri dari gangguan bangsa lain.

Kesadaran membangun bangsa dan negara adalah mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasi keikhlasan/kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia. Berbagai masalah yang berkaitan dengan kesadaran membangun harapan berbangsa dan bernegara sebaiknya mendapat perhatian dan tanggung jawab kita semua.

Sehingga amanat pada UUD 1945 untuk menjaga dan memelihara Negara Kesatuan wilayah Republik Indonesia serta kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan. Konsep atau makna membangun kesadaran dapat diartikan sebagai sikap perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri dengan dilandasai suasana hati yang ikhlas/rela tanpa tekanan dari luar untuk bertindak yang umumnya dalam upaya mewujudkan kebaikan yang berguna untuk diri sendiri dan lingkungan sosial lainya.

Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara kepada rakyat merupakan hal penting yang tidak dapat dilupakan oleh bangsa ini, karena rakyat merupakan penerus bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjalan panjang bangsa ini. Membangun Kesadaran berbangsa dan bernegara ini jangan ditafsir hanya berlaku pada pemerintah saja, tetapi harus lebih luas memandangnya.

Harapan Indonesia 2023 adalah konteksnya (1). menjaga stabilitas politik demokrasi yang lebih berkualitas, (2). misi memakmurkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa tak hanya slogan, tetapi  hal ini menjadi cita – cita Bersama bangsa Indonesia. (3). Memperbaiki system hukum yang adil dan bijaksana dan (4). Meningkatkan ekonomi yang lebih focus pada kekuatan ekonomi kerkayatan dan menjadi bagian dari pilar demokrasi.

Empat tema diatas adalah bagian dari harapan kita Bersama menjadi Indonesia yang lebih maju dan disegani kelas dunia.

Oleh: Muliansyah A. Ways, _Pemerhati Demokrasi dan Politik Lokal_

Jakarta, 1 Januari 2023



COMMENTS

Nama

9,14,agama,19,Arena,26,asusila,1,batubara,1,bencana alam,5,Bima,603,Dirgahayu RI,2,disiplin,2,Dompu,287,duka,2,Ekbis,11,Featured,286,gotong royong,1,Hukrim,284,hut Bhayangkara,3,HUT Bima,2,HUT PGRI,1,Jakarta,11,kamtibmas,1,Kamtibmas.,10,Kamtibmas.Loteng,5,kepolisian,3,Kesehatan,57,Kesenian,2,ketahanan,2,Kota Bima,40,Lingkungan,65,Lombok,164,Lombok Barat,5,Lombok tengah,15,Lombok utara,22,Loteng,3,Mataram,20,migas,1,olah Raga,9,Opini,18,organisasi,1,ormas,1,Papua,1,Pariwisata,17,pemerintah,3,Pemerintahan,343,Pendidikan,45,perdagangan,2,Perekonomian,1,Peristiwa,140,pertambangan,1,pertanian,4,peternakan,1,politik,61,politik.,1,Polri,3,prestasi,1,Religi,26,senibudaya,4,senibudaya.,1,Sosbud,48,sosial,1,sosial budaya,17,Sosok,15,Sumbawa,72,Sumbawa Barat,5,Sumbawa besar,12,TNI,1,UKM,1,unjuk rasa,1,
ltr
item
Real News: Catatan Awal Tahun 2023: MEMBANGUN HARAPAN INDONESIA
Catatan Awal Tahun 2023: MEMBANGUN HARAPAN INDONESIA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRlvcjeSok9Gz_sw9kjeicaaZAYrM0XOE90kTT0YCF9XiJyzAfkS0XU4suxAVcMeipB7ebPF-iX73dk_PsvyR28DjXKVmBxmap_zxaOor4QA1Hy5Wc_qkIQtuM4iSwl8xlp6oijP1hPbhCYzhZGyB2lr55BxQd6E6m7TZvDz9Yw4ZXxS2s0NL8JwRojg/w640-h514/Screenshot_20230102-223852_WhatsApp.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRlvcjeSok9Gz_sw9kjeicaaZAYrM0XOE90kTT0YCF9XiJyzAfkS0XU4suxAVcMeipB7ebPF-iX73dk_PsvyR28DjXKVmBxmap_zxaOor4QA1Hy5Wc_qkIQtuM4iSwl8xlp6oijP1hPbhCYzhZGyB2lr55BxQd6E6m7TZvDz9Yw4ZXxS2s0NL8JwRojg/s72-w640-c-h514/Screenshot_20230102-223852_WhatsApp.jpg
Real News
https://www.realnews.my.id/2023/01/catatan-awal-tahun-2023-membangun.html
https://www.realnews.my.id/
https://www.realnews.my.id/
https://www.realnews.my.id/2023/01/catatan-awal-tahun-2023-membangun.html
true
6818170785924333180
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content